RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Kelas/Semester :
VI/1
Alokasi Waktu : 3 x 35 menit (2x pertemuan)
STANDAR
KOMPETENSI : 2.1 Memberikan
informasi dan tanggapan secara lisan.
KOMPETENSI
DASAR : Berbicara
2.2 Menanggapi
(mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang
santun.
INDIKATOR :2.2.1 Menyebutkan pengertian kritikan dan pujian
2.2.2 Menjelaskan cara
memuji dan mengkritik sesuatu hal disertai alasan dengan bahasa yang baik
2.2.3 Menyampaikan kritikan dan pujian
A.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1.
Siswa dapat menyebutkan
pengertian kritikan dan pujian dengan benar.
2.
Siswa dapat menjelaskan
cara memuji dan mengkritik suatu hal disertai alasan dengan bahasa yang baik dan santun.
3.
Siswa dapat menyampaikan kritikan dan pujian mengenai
suatu hal.
B.
MATERI
Kritikan adalah suatu pendapat
yang dikemukakan oleh seseorangdengan alasan dan penuh dengan pertimbangan
nilai dan biasanya diberikan untuk menggambarkan ketidaksesuaian akan suatu
hal.
Pujian adalah menyatakan
sesuatu yang positif tentang seseorang dengan tulus dan sejujurnya.
Cara mengkritik yang baik
adalah dengan tidak menggunakan bahasa-bahasa yang kasar.
C.
METODE PEMBELAJARAN
1.
Ceramah
2.
Tanya jawab
3.
Penugasan
4.
Permainan
D.
SUMBER BELAJAR
Buku Bina Bahasa Indonesia untuk Sekolah Dasar kelas
IV semester 1. Tim Bina Karya Guru. 2006
E.
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Pertemuan ke-1 (2x 35 menit)
Kegiatan
awal (10 menit)
1.
Guru memengucapkan salam
2.
Berdo’a bersama
3.
Guru mengkondisikan
kelas pada situasi belajar
4.
Memberikan
informasi tentang tujuan pembelajaran
5.
Guru memberikan
aprsepsi mengenai materi yang akan disampaikan
Kegiatan inti (50
menit)
1. Guru menjelaskan
pengertian pujian dan kritikan
2. Guru memperlihatkan
beberapa gambar lalu siswa mengkritik atau memuji gambar yang diperlihatkan
guru dengan bahasa yang baik
3. Guru membagi siswa
menjadi 4 kelompok
4. Guru memberikan permainan
MAIN TEBAK BENDA
a.
Tujuan: Mengembangkan
keterampilan berbicara siswa
b.
Alat yang diperlukan
1) Gambar macam-macam benda
c.
Cara Bermain
1)
Siapkan 1 orang pemain dari masing-masing kelompok
2)
Lakukan “suit” untuk menentukan siapa yang bermain duluan
3)
Setiap siswa di
beri waktu 1 menit untuk mencari dan menyebutkan benda yang di pilih oleh guru.
4)
Kemudian guru memperlihatkan gambar yang tedapat macam-macam benda.
5)
Pemain memberikan tanggapan pada gambar benda yang diberikan guru dalam bentuk pujian atau kritikan.
6)
Lakukan bergiliran dengan peserta lain.
7)
Pemain yang menang adalah yang paling cepat dan tepat menemukan benda dan bagus memberikan
tanggapannya terhadap gambar-gambar
benda yang ada.
Kegiatan akhir (10 menit)
1.
Guru dan siswa
menyimpulkan materi yang telah diajarkan
2.
Guru menutup pembelajaran
Pertemuan
ke-2 (1 x 35 menit)
Kegiatan awal (5 menit)
1.
Mengucapkan salam
2.
Berdo’a bersama
3.
Guru mengabsen siswa
4.
Guru mengkondisikan kelas pada situasi belajar
Kegiatan
inti (25 menit)
1.
Guru mengulas tentang materi yang telah dibahas pada
pertemuan pertama
2.
Guru membagikan soal
3.
Siswa mengerjakan soal
Kegiatan akhir (5 menit)
1.
Guru menutup pembelajara
F.
PENILAIAN
a.
Prosedur
penilaian : proses dan post test
b.
Jenis penilaian : performance dan tes tulis
c.
Alat penilaian : format penilaian dan soal
SOAL!
1.
2.
Format Penilaian Proses
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Jumlah
Skor
|
Keterangan
|
||||||||||
Keaktifan
|
Motivasi
|
Kerjasama
|
B
|
C
|
K
|
|||||||||
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
3
|
2
|
1
|
||||||
1
|
||||||||||||||
2
|
||||||||||||||
3
|
||||||||||||||
4
|
||||||||||||||
5
|
||||||||||||||
6
|
||||||||||||||
7
|
||||||||||||||
Jumlah
|
||||||||||||||
Rata-rata
|
||||||||||||||
Presentase
|
Keterangan
:
1) Skor
3 apabila siswa dapat melaksanakan semua indikator.
2) Skor
2 apabila siswa hanya melaksanakan 2
indikator
3) Skor
1 apabila siswa hanya melaksanakan 1 indikator
Skor ideal = 9
Nilai
=skor yang di peroleh X 100
skor ideal
skor ideal
Tafsiran :
B ( baik ) = 9 - 7
C ( cukup ) = 6 - 4
K ( kurang ) = 3
- 1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar